Inilah 7 Cara Bayi Tidur Nyenyak Saat Cuaca Panas

Cuaca di Indonesia memang berubah-ubah. Saat cuaca panas, bayi cenderung rewel dan susah tidur. Keringat yang timbul juga berisiko ruam. Oleh karenanya, Anda harus menyiapkan baju, suhu ruangan, dan hal lain agar bayi sejuk. Ada banyak perlengkapan bayi saat diskon Harbolnas akhir tahun. Sebelumnya yuk intip langkah yang harus dilakukan saat bayi kepanasan.

  1. Sesuaikan Suhu Ruangan dengan Pakaian Bayi

Saat cuaca panas, suhu ruangan bayi pun akan ikut panas. Akibatnya, bayi menjadi gerah dan sulit tidur. Oleh karenanya, solusi pertama yaitu dengan menyesuaikan baju yang dikenakan bayi dengan suhu ruang. Anda bisa memakaikan baju yang terbuat dari bahan katun agar mudah menyerap keringat. Selain itu, jangan memakaikan baju yang terlalu tebal.

  1. Buka Saja Jendela Agar Sejuk

Jika Anda tidak memakai pendingin ruangan (AC), cara yang paling tepat yaitu membuka jendela kamar agar ada udara dingin yang masuk. Selain itu, angin juga bisa masuk dan bisa bertukar dengan udara panas dalam ruangan. Agar sinar matahari tidak terlalu menyengat, Anda bisa menutup jendela dengan beberapa helai tirai yang tidak terlalu lebar. Cara ini bisa membuat bayi Anda makin sejuk dan bisa tidur nyenyak.

  1. Gunakan Alas Tidur yang Tepat

Alas tidur bayi juga dapat membuatnya semakin kepanasan. Sehingga Anda harus menyesuaikan alas tidur dengan suhu yang panas. Jangan memakai seprai yang berbahan panas dan sulit menyerap keringat. Anda bisa memilih kain katun untuk alas tidur bayi. Hindari menidurkan bayi di atas perlak yang tahan air ketika cuaca panas, bayi akan banyak mengeluarkan keringat.

  1. Mandikan Bayi dengan Air Dingin

Saat cuaca panas, Anda bisa memandikan bayi dengan air dingin. Jika bayi masih kecil sekali, maka bisa pilih air yang suam-suam kuku atau lebih dingin dari biasanya. Cara ini bisa membuat si kecil lebih segar sebelum tidur.

  1. Letakkan Sebongkah Es Batu di Kamar Bayi

Mungkin cara ini tidak begitu dipakai oleh sebagian orang. Namun, ternyata cara ini cukup ampuh. Anda bisa meletakkan es batu besar di sudut ruangan. Semakin lama es tersebut akan mencair dan uapnya akan memenuhi ruangan sehingga menurunkan suhu ruangan. Sehingga bayi bisa tidur nyenyak meskipun malam hari.

  1. Jika Perlu Pakai Kipas Angin

Maksud penggunaan kipas angin ini yaitu untuk membantu mengeluarkan uap es batu yang diletakkan di sudut ruangan. Sehingga udara dingin bisa menyebar ke seluruh ruang. Jangan arahkan kipas langsung pada si bayi karena akan membuatnya masuk angin.

  1. Buatlah Bayi agar Tetap Tenang

Jika bayi tenang, maka dia tidak akan terganggu dengan udara panas dalam ruangan. Berikanlah solusi terbaik saat bayi gelisah agar tidak sampai rewel. Selain itu, atur jam tidur bayi secara teratur. Anda juga bisa mengompres air dingin di beberapa tubuh bayi agar tidak terlalu kepanasan.

Istirahat sangat penting untuk bayi sehingga apapun cuacanya, jam tidur tidak boleh berkurang. Anda sebaiknya membujuk bayi agar selalu bisa tidur teratur. Perlu Anda ketahui akan ada diskon Harbolnas perlengkapan bayi yang Anda butuhkan pada 12 Desember 2018. Segera list perlengkapan bayi yang akan dibeli dan segera belanja.